Kamis, 30 Maret 2017



Konsep Dasar Inovasi Pendidikan

Inovasi adalah suatu  ide, gagasan, praktik atau obyek/benda yang disadari dan diterima  sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk menghasilkan suatu karya. inovasi juga hasil dari bentuk dari invensi maupun discovery. Atau suatu perubahan yang baru yang menuju kearah perbaikan. Invensi adalah suatu penemuan baru hasil karya manusia, contohnya telfon dan pesawat. Discovery adalah hasil karya manusia yang sudah ada tetapi tidak diketahui orang banyak contohnya, penemu lampu.
            Inovasi berasal dari kata latin, innovation yang berarti pembaruan dan perubahan. Kata kerjanya inovo yang artinya memperbaharui dan mengubah.
Inovasi pendidikan suatu perubahan baru yang bersifat kualitatif sengaja di usahakan untuk mencapai kemampuan serta mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dari pendidikan tersebut untuk meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas dan efektifitas sarana serta jumlah peserta didik sebanyak-banyaknya dengan hasil pendidikan sebesar-besarnya (menurut kriteria kebutuhan peserta didik, masyarakat dan pembangunan) dengan menggunakan sumber, tenaga, uang, alat dan waktu dalam jumlah yang sekecil-kecilnya misalnya peningkatan kurikulum.
Inovasi pendidikan merupakan proses yang akan terus terjadi karena didorong oleh adanya faktor luar dan faktor dari dalam diri manusia sendiri serta adanya interaksi antara keduanya. Faktor dari dalam diri misalnya keinginan dan kebutuhan serta adanya potensi untuk meningkatkan dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedang faktor luar adalah perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan kehidupan manusia sendiri. Interaksi antara faktor dari luar dan dari dalam ini meyebabkan terjadinya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta adanya inovasi yang tiada henti.  Dikarenakan pendidikan merupakan sarana untuk membentuk manusia menjadi pribadi unggul yang siap menghadapi tantangan zaman, maka pendidikan juga harus siap merespon segala perubahan zaman itu sendiri, sehingga dapat dikatakan bahwa inovasi dalam dunia pendidikan merupakan sebuah keharusan.
            Moderenisai suatu proses perubahan sosial dari masyarakat tradisional menuju masyarakat ke yang lebih maju, misalnya dahulu pekerjaan ke agraris sedangkan sekarang lebih ke industri.
            Modern ialah menunjukan terjadinya perubahan sosial pada hal yang lebih baik,lebih maju dan lebih mensejahterakan hidup, contohnya siswa jaman dahulu menggukan mesin tik dan sekarang menggunakan laptop dan proyektor.
            Difusi adalah suatu ide yang di komunikasikan kedalam salura tertentu dan waktu tertentu dalam sistem sosial. Dalam konteks difusi inovasi pendidikan, saluran komunikasi yang digunkana merupakan alur suatu proses penyebarluasan gagasan pendidikan tersebut.






















DAFTAR PUSTAKA


Karyadi,H. (2013). inovasi-pendidikan. [online]. Tersedia http://inovasi-pendidikan.blogspot.co.id/ [24 Maret 2017]

Ruslantara. (2013). definisi-difusi-inovasi-pendidikan. [online]. Tersedia http:// ruslantara06.blogspot.co.id/2013/04/definisi-difusi-inovasi-pendidikan.html. [24 Maret 2017]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

manfaat lingkungan sebagai media pembelajaran

PENGERTIAN dan MANFAAT LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SD MAKALAH Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Tugas...